Bahan-Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga


     Bahan kimia dalam rumah tangga yaitu bahan bahan yang dipergunakan dalam rumah tangga yang berhubungan dengan unsure-unsur kimia. Adapun Jenis – jenis nya ada beberapa macam yaitu Seperti Pembersih, Pemutih Pewangi dan pembasmi hama.


Pembersih
     
Pembersih yaitu bahan yang berupa bembersih jenis-jenis peralatan rumah tangga yang dapat meningkatkan daya pembersih dari air. Bahan permbersih ini dibedakan kedalam sabun dan deterjen. Sabun dapat berupa sabun batangan ataupun sabun cair, sedangkan deterjen dapat berupa bubuk atau  krim.

Pemutih

Pemutih berfungsiuntuk menghiolangkan noda atau kotoran yang membandel pada pakaian dan membunuh bakteri. Biasanya pemutih di pasaran rata-rata mengandung 5,25% massa/volume NaClOdan terdapatjuga kapurklor(CaOCl2). Contohpemutih: bayclin, sunclin, dll.

Pewangi

Jenis-jenis bahan pewangi banyak macam nya ada yang bisa diproses secara alami dan ada juga yang dip roses secara kimiawi. Bahan pewangi diperoleh secaraalami/diekstrakdari alam(aroma mawar, melat, apel, dll) dan secarabuatan/sintetisbahankimia(indol, etilmiristat, alilkaproat, anisaldehida). Salah satu proses pengambilan komponen esensial parfum dengan metode enfluorase, dengan menangkap bahan parfum yang bersifat volatil(gas yang mudah menguap) ke dalam suatu lemak padat. Wujud parfum yaitu dapat berupa cair(aerosol), padat(bedak).

Pembasmi Hama

  Pestisida Yaitu bahan atau berupa zat kimia yang digunakan untuk membunuh hama, baik berupa tumbuhan, serangga maupun hewan lain di lingkungan  kita. Penggolongan pestisida meliputi:

1-      Insektisida yang berfungsi memberantas serangga.
2-      Herbisidayang berfungsi untuk mencegah atau mematikan gulma/tumbuhan pengganggu
3-       Nematisida, memberantas hama cacing
4-      Fungisida, memberantas jamur/fungi
5-      Rodentisida, memberantas binatang pengerat seperti tikus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar